Promosi Tarik Gerbong

Assalamualaykum..
Punten agan2 , numpang nulis lagi yaa..
Kali ini saya nulis tentang Marketing dan kebetulan tulisan ini juga sudah saya rilis di Grup WA TDA Bekasi ..

==============================

Promosi Tarik Gerbong

Banyak ragam promosi yang dipakai oleh sebuah produsen untuk mendongkrak penjualan sebuah produk. Baik bisa bersifat hard promotion maupun soft promotion..
Bahkan konsumen sendiri secara tidak langsung juga bisa melakukan soft promotion…

Mouth to mouth Promotion

Paling biasa untuk sebuah soft promotion adalah Mouth to mouth Promotion. Atau promosi dari mulut ke mulut ketika kita lakukan rekomendasi untuk sebuah produk atau jasa ketika kita juga cukup puas setelah memakai produk atau jasa tersebut. Seperti umpama kita membeli sepatu merek tertentu dan sangat puas memakainya maka ketika kita ditanya oleh seorang teman tentang sepatu apa yang kita pakai, maka kita rekomendasi kan ke teman tersebut untuk beli merek sepatu seperti yang kita pakai karena nyaman banget dikaki, murah dan terjangkau lagi misalnya. Maka terjadilah rentetan pembelian yang bersambungan dari hasil promosi si konsumen.

Pulling Carriages Promotion

Promosi Tarik Gerbong atau bahasa kerennya mungkin adalah Pulling Carriages Promotion yaitu membuat promosi tambahan sebagai upaya mendorong konsumen untuk membeli produk yang memakai bahan baku dari kita. Saya sendiri belum pernah menjumpai tulisan ataupun buku yang membahas tentang model promosi seperti itu. Bentuk dari promosi model itu juga masih bersifat soft promotion dan saya bikin istilah sendiri…

Maksudnya adalah ketika produk kita kebetulan adalah sebuah produk untuk kebutuhan Industri dan dipakai sebagai bahan baku untuk menghasilkan sebuah produk kebutuhan konsumen perorangan maka tentunya kalau kita melakukan promosi ke konsumen akhir sangatlah tidak mungkin. Paling2 adalah promosi lewat pameran Industri. Maka yang kita ikut promosikan adalah hasil produk yang bahannya memakai produk dari kita. Posisi kita adalah sebagai konsumen yang berharap dengan itu ada efek tariknya ke penjualan produk kita.

Atau produk kita adalah sebuah produk konsumsi juga tetapi dipakai juga untuk kebutuhan pihak lain sebagai bahan pelengkap untuk menghasilkan sebuah produk ataupun jasa tertentu

Mungkin pengaruhnya tidak terlalu signifikan karena produsen produk konsumen tersebut juga sudah melakukan promosi tersendiri dengan menonjolkan salah satu keunggulan nya namun cukup baik ketika promosi dorongan tersebut ditujukan untuk kalangan di dalam jaringan kita. Tentu bukan promosi besar2 an yang membutuhkan biaya mahal tetapi bisa dengan promosi melalui sosmed yang murah bahkan mungkin juga gratis.

Jadi paling tidak sebagai Second Push for Buying atau dorongan kedua buat para konsumen untuk dapat menciptakan keputusan untuk membeli produk tersebut.

Dengan cara soft promotion tersebut maka bisa jadi trik tersendiri untuk tetap menjaga kontinuitas penjualan produk kita ke Industri produk konsumen tersebut karena produk mereka tambah laku di pasaran dan produk bahan baku yang kita suply juga menjadi berkelanjutan.

Barangkali juga bisa dipakai sebagai bergaining kita ketika kita bernegosiasi tentang harga baru karena adanya gejolak kurs seperti akhir2 ini dan kita sampaikan bahwa kita juga ikut mempromosikan produknya.

Buat sesama temen2 TDA barangkali juga bisa memakai cara seperti itu jika saling berkomplemen produk2nya…

Salam jug i jag i jug
Wassalam

Wicaks

Share Artikel Ini Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *