Pentingnya membangun Asset Digital

Hallo Rekan-rekan TDA Bekasi,

Alhamdulillah kesempatan kali ini saya ingin sedikit sharing tentang sebuah pengalaman dimana dulu awal-awal saya membuka CV. Tekno Indo Mandiri. saat itu saya keluar dari perusahaan  mie instan asal jepang setelah merangkap jadi akunting staff dan IT Support.

Banyak kisah lucu, duka dan sedih saat  saya memulainya. pernah suatu ketika saya mengikuti business pitching saat itu banyak sekali kartu nama yang saya peroleh.dan saya masih gak ngeh kartu nama hanya disimpan namun tidak dikelola dengan baik hanya  disimpan terus hilang entah kemana, padahal kartu nama tersebut bisa menjadi jalan rezeki baru buat saya. hampir terkumpul 2 box kartu nama tapi hilang gitu aja.

Di tahun berikutnya saya mulai mengumpulkan kartu nama dan memanagenya dalam sebuah excel file, namun karena kejadian pencurian laptop semua file saya hilang, padahal itu database calon client saya yang sangat penting. Akhirnya saya coba membuat system ebizzy.id untuk membantu mengumpulkan leads saya yang sewaktu-waktu bisa saya convert menjadi customer untuk beberapa produk dan layanan saya dengan  sangat terukur dan terdata baik serta on terus karena disimpan di cloud.

Namun, Jika anda belum menerapkan system CRM untuk bisnis Anda. Anda bisa menggunakan layanan dropbox, google drive sebuah optional jika pekerjaan Anda mobile.

Balik lagi ke pambahasan Asset Digital. dari cerita saya tadi tentunya teman-teman bisa tahu bahwa database leads atau calon pelanggan kita itu penting dan bisa datang dari mana saja, baik itu dari tukeran kartu nama, fb ads, ataupun teknik marketing lainnya. tapi intinya adalah bagaimana kita bisa mengelola itu menjadi sesuatu yang bermanfaat dimasa mendatang.

Salah satu asset digital adalah :

  1. Database : baik itu client, calon client ataupun lainnya berupa informasi kontak. no. hp/email
  2. Website (domain) : Website itu bisa jadi sebagai rumah digital.
  3. ID Social Media : bisa menjadi kolam ikan Anda.

Saat sekarang ini apa sih yang terpenting dalam mengelola asset digital?, Nah sekarang saya ingin menanyakan kepada Anda, Apakah Anda memiliki database pelanggan Anda?… Jika jawabannya belum, maka mulailah sekarang mengelola database pelanggan Anda dengan baik dan bisa Anda panggil terus saat Anda memiliki penawaran yang menarik. terus yang jadi pertanyaannya adalah Bagaimana caranya?..

Untuk bicara bagaimana caranya tentu tidak bisa dijabarkan semua dalam tulisan singkat ini, masing-masing produk dan bisnis punya caranya masing-masing, jika bisnis Anda berkaitan dengan millenials (pelanggan dengan range usia dibawah <25 Tahun) mungkin bisa dicoba dengan membesarkan salah satu kanal social media, baik itu instagram, twitter, facebook atau line mana yang lebih diprioritaskan. karena consideringnya berkaitan dengan BUDGET dan RESOURCE. saran saya cobalah yang Anda Pahami dan mudah dilakukan.

Namun Ada yang menarik saat ini. melihat berkembangnya sosial media berkembang pula fitur-fitur social media, ada yang mengembangkan live, chatbot, dll tentunya menyesuaikan dengan behavior market millenials sekarang.

Yang menarik bagi saya adalah CHATBOT yang dipakai di LINE BUSINESS, dimana Anda tidak perlu lagi membalas chat calon pelanggan Anda. Menariknya adalah selain sebagai kolam pelanggan dari fungsi sosial medianya LINE Juga memiliki fungsi yang sama sebagai website dimana Anda bisa menaruh sebagian link website Anda disana dan biarkan LINE BOT ini memproses permintaan pelanggan Anda.

Yang anda butuhkan adalah tarik pelanggan pengguna LINE menjadi Follower BRAND Anda dan ikat mereka dengan konten-konten yang lucu, promosi sesuai dengan bisnis Anda.

ChatBOT ini perkembangan dari Artificial Intelegent dimana ini bisa dibilang teknologi yang sangat baru dikembangkan dan menjadi masa depan dalam era Industri saat ini.

Nah sekarang saatnya kita membangun Asset Digital yang sewaktu-waktu akan mendatangkan jalan rizki bagi kita.

Sudah siapkah Anda bersaing di ERA DIGITAL?…

Terima kasih

 

Jaenal Gufron
jaenal@vox-digital.com

Share Artikel Ini Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *